Domain .web.id

February 28, 2007

Holaw… jarang bgt nulis blog yg ada hubungannya dengan bidangku [ maklumlah, aku cuman terdampar di dunia ini ]…

Ok deh, sekarang aku mau nulis blog yg paling gak, nyambunglah sama yg namanya IT..

Sebelum nulis, nyalain winamp dulu, soalnya tulisanku kadang sulit dimengerti… hehe, maklumlah bukan penulis…

Oiya, bagi yang awam, domain itu sama kyk nama, misalnya www.google.com, www.kerisnarendra.web.id dan sejenisnya. Baik di internet atau di dunia nyata, nama kan pasti ada yg punya?? yap…. setiap nama pasti ada orngnya.

Nah, klo dihubungkan di sini, domain itu namanya dan orang itu hostingnya. Hosting kasarannya tempat nyimpen file di internet.

Kbtulan ristek ngasi domain gratis, yg lumayan keren… [ .web.id ]. Nah, kita bisa pake barang gratisan ini buat domain kita, misalnya  http://ayu.web.id atau www.ayu.web.id 

Caraanya, kita harus register dulu di http://register.net.id . Habis itu pak mentri bakalan minta kita buat upload scan2an KTP kita, nah setelah itu domain kita bakalan aktif dalam waktu 3 hari.

Klo domain udah aktif, saatnya kita daftar hosting, misalnya di http://www.3000mb.com . Nah, klo hosting udah punya, kita harus masuk ke cpanelnya account kita yg di http://register.net.id . Di sono, kita kudu set ns atau nameservernya buat nyambungin domain sama hosting kita.

Karena hosting yang di 3000mb.com gak ada nameservernya [ bukan gak ada sih, cuman kagak tau apa namanya ], so kita perlu yg namanya DNS [ Domain Name Server ]. DNS ini tugasnya gmn ya??? susah dijelasinnya, so aku pake contoh aja…

Pas kita buka domain kita yg di http://www.kerisnarendra.web.id , domain bakalan nyari DNS dulu, terus DNS ini yg bakalan memforward domain ke hosting kita, habis itu halaman web kita baru bisa diliat…. kasarannya DNS kartu nama, dia yg bakalan morward domain ke hosting kita…

Nah, salah satu penyedia DNS gratis n yg cpanelnya bagus/user friendly namanya http://www.dnspark.net . Di sini, kita bikin account dulu, terus daftarin domain kita yg di .web.id, habis itu masuk ke cpanelnya register.net.id dan set name servernya ke nameservernya dnspark, yaitu ns1.dnspark.net [ klo ga salah, kita bisa lihat di account kita yg di dnspark ]

Isi hostname nameserver domain kita dengan ns1.dnspark.net, net addressnya kosongin aja…, terus sampe ns4.

Inget, di DNSpark kudu di set web forwardingnya, misalnya ke account kita yg di ayu.3000mb.com… atau ke friendster url kita, atau ke manapun kita mau, [ misalnya pas nulis domain kita di internet, tau tau website yg muncul si google, bisa!!! itu terserah kita, kita morwardnya ke mana di dnspark]

Nah, klo itu udah dilakuin, selamat besok paginya kita udah punya yg namanya website dengan nama kita sendiri…

Okeh…. klo dah punya website jangan lupa ngelink ke aku…

Okeh…..??? 😀

Chierssss

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: